Penilaian Tengah Semester
|
|||
Kelas
|
: 5
|
Nama Siswa
|
:
|
Semester
|
: 2
|
No Urut
|
:
|
Soal Pilihan Ganda
1.
|
Yang termasuk kewajiban siswa adalah ....
|
||
|
|||
|
a.
|
menyayangi orang tua
|
|
|
b.
|
membantu orang tua
|
|
|
c.
|
tidur malam tepat waktu
|
|
|
d.
|
menaati aturan sekolah
|
|
|
|||
2.
|
Dalam kegiatan berbelanja di toko, ada beberapa pihak yang
terlibat.
Hak dari kasir dalam kegiatan tersebut adalah ....
|
||
|
|||
|
a.
|
Mendapat gaji setiap bulan.
|
|
|
b.
|
Membayar barang yang dibeli.
|
|
|
c.
|
Mendapat pelayanan yang baik.
|
|
|
d.
|
Menghitung nilai pembelian.
|
|
|
|||
3.
|
Diadakan pelatihan untuk para perajin batik Osing.
Kewajiban dari para perajin batik tersebut adalah ....
|
||
|
|||
|
a.
|
terus menggunakan pewarna kimia
|
|
|
b.
|
menerapkan ilmu yag didapat dari
pelatihan
|
|
|
c.
|
memberikan dukungan kepada pelatih
|
|
|
d.
|
memberikan pelatihan untuk
masyarakat
|
|
|
|||
4.
|
Uni ingin didengarkan saat dirinya memberikan presentasi.
Jadi, saat teman presentasi, Uni mendengarkan dengan baik.
Uni menunjukkan sikap ....
|
||
|
|||
|
a.
|
keadilan
|
|
|
b.
|
kebersamaan
|
|
|
c.
|
kedewasaan
|
|
|
d.
|
kekanakan
|
|
|
|||
5.
|
Perhatikan gambar berikut!
Gambar tersebut menunjukkan unsur budaya, yaitu ....
|
||
|
|||
|
a.
|
kepercayaan
|
|
|
b.
|
teknologi
|
|
|
c.
|
kesenian
|
|
|
d.
|
pengetahuan
|
|
|
|||
6.
|
Berikut ini pembeda antara satu suku dengan suku lainnya,
kecuali ....
|
||
|
|||
|
a.
|
adat istiadat
|
|
|
b.
|
mata pencaharian
|
|
|
c.
|
bahasa daerah
|
|
|
d.
|
sistem kekerabatan
|
|
|
|||
7.
|
Dalam kegiatan gotong royong terkandung nilai positif
berikut, kecuali ....
|
||
|
|||
|
a.
|
kebersamaan
|
|
|
b.
|
persatuan
|
|
|
c.
|
rela berkorban
|
|
|
d.
|
kepribadian
|
|
|
|||
8.
|
Berikut ini masalah yang sering muncul karena
keragaman, kecuali ....
|
||
|
|||
|
a.
|
Orang lebih senang membanggakan
daerah sendiri.
|
|
|
b.
|
Orang sering merasa budayanya paling
baik.
|
|
|
c.
|
Orang datang ke daerah lain untuk
belajar tari daerah.
|
|
|
d.
|
Orang sering merasa daerahnya
punya kelebihan lebih baik dari yang lain.
|
|
|
|||
|
Paragraf berikut digunakan untuk menjawab 3 soal di
bawahnya.
Perhatikan paragraf berikut!
Banjir adalah fenomena alam yang bersumber dari curah
hujan dengan intensitas tinggi dan durasi lama pada daerah aliran sungai
(DAS). Banjir terjadi karena sebab alam dan tindakan manusia. Penyebab alami
banjir adalah erosi dan sedimentasi, curah hujan, pengaruh
fisiografi/geofisik sungai, kapasitas sungai, drainase lahan, dan pengaruh
air pasang. Penyebab banjir karena tindakan manusia adalah perubahan tata
guna lahan, pembuangan sampah, kawasan padat penduduk di sepanjang sungai,
dan kerusakan bangunan pengendali banjir.
|
||
|
|||
9.
|
Paragraf tersebut membahas tentang fenomena ....
|
||
|
|||
|
a.
|
budaya
|
|
|
b.
|
ekonomi
|
|
|
c.
|
alam
|
|
|
d.
|
agama
|
|
|
|||
10.
|
Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan isi paragraf
tersebut adalah ....
|
||
|
|||
|
a.
|
Banjir disebabkan oleh alam dan
ulah manusia.
|
|
|
b.
|
Tingginya curah hujan bisa menjadi
salah satu faktor penyebab banjir.
|
|
|
c.
|
Salah satu ulah manusia yang bisa
menyebabkan banjir yaitu membuang sampah di sungai.
|
|
|
d.
|
Banjir yang terjadi terus menerus
menyebabkan DAS mengalami erosi
|
|
|
|||
11.
|
Arti kata drainase pada paragraf tersebut adalah ....
|
||
|
|||
|
a.
|
saluran air
|
|
|
b.
|
pengairan
|
|
|
c.
|
pengikisan
|
|
|
d.
|
penebangan
|
|
|
|||
12.
|
Perhatikan paragraf berikut!
Anak-anak termasuk golongan yang berisiko tinggi menderita
kekurangan asupan zat besi. Sebuah penelitian menunjukkan adanya kekurangan
zat besi pada anak-anak di bawah usia dua tahun. Hal itu karena biasanya anak
hanya mau makan makanan tertentu. Penyebab lainnya adalah anak tidak terbiasa
makan makanan yang sehat dan bergizi. Risiko tinggi kekurangan asupan zat
besi, contohnya terjadi pada anak-anak di Australia.
Kalimat utama paragraf tersebut adalah ....
|
||
|
|||
|
a.
|
Anak-anak termasuk golongan yang
berisiko tinggi menderita kekurangan asupan zat besi.
|
|
|
b.
|
Suatu penelitian menunjukkan
adanya kekurangan zat besi pada anak-anak di bawah usia dua tahun.
|
|
|
c.
|
Penyebab lainnya adalah anak tidak
terbiasa makan makanan yang sehat dan bergizi.
|
|
|
d.
|
Risiko tinggi kekurangan asupan
zat besi juga terjadi pada anak-anak di Australia.
|
|
|
|||
|
Teks berikut digunakan untuk menjawab 3 soal di bawahnya.
Perhatikan teks berikut!
Kedatangan
Bangsa Barat di Indonesia
Akhir abad ke XV, bangsa Eropa melakukan penjelajahan
samudra. Penjelajahan samudra bangsa Eropa didorong oleh beberapa faktor.
Faktor tersebut antara lain keinginan mencari kekayaan, menyebarkan agama,
mencari kejayaan. Faktor tersebut dikenal dengan istilah 3G yaitu, gold,
gospel, dan glory. Selain itu, bangsa Eropa juga ingin
mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Pada tahun 1511, bangsa Eropa yang pertama kali mendarat
di Malaka adalah bangsa Portugis. Tahun 1512, disusul oleh bangsa Spanyol
yang mendarat di Tidore, Maluku. Sementara itu, bangsa Belanda mendarat pada
tahun 1596 di Pelabuhan Banten. Faktor yang melatarbelakangi bangsa Barat
menjajah Indonesia adalah ingin menguasai Indonesia sebagai negara penghasil
rempah-rempah. Pada masa penjajahan ini, rakyat Indonesia menderita.
|
||
|
|||
13.
|
Sesuai teks tersebut, di mana bangsa Barat pertama kali
mendarat di Indonesia?
|
||
|
|||
|
a.
|
Bangsa Barat pertama kali mendarat
di Malaysia.
|
|
|
b.
|
Bangsa Barat pertama kali mendarat
di Malaka.
|
|
|
c.
|
Bangsa Barat pertama kali mendarat
di Tidore.
|
|
|
d.
|
Bangsa Barat pertama kali mendarat
di Banten.
|
|
|
|||
14.
|
Pada teks tersebut, mengapa bangsa Barat melakukan
penjelajahan samudra?
|
||
|
|||
|
a.
|
Bangsa Barat melakukan
penjelajahan samudra karena ingin memberi pelajaran kepada rakyat Indonesia
tentang arti pentingnya kedaulatan bangsa.
|
|
|
b.
|
Bangsa Barat melakukan
penjelajahan samudra karena ingin mencari kekayaan dan membuat rakyat
Indonesia menderita.
|
|
|
c.
|
Bangsa Barat melakukan
penjelajahan samudra karena ingin mencari kekayaan, menyebarkan agama,
mencari kejayaan, serta mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
|
|
|
d.
|
Bangsa Barat melakukan
penjelajahan samudra karena ingin menjelajahi dan menaklukkan negara-negara
di Asia sekaligus mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
|
|
|
|||
15.
|
Apa faktor yang melatarbelakangi bangsa Barat menjajah
Indonesia sesuai informasi pada teks tersebut?
|
||
|
|||
|
a.
|
Faktor yang melatarbelakangi
bangsa Barat menjajah Indonesia adalah ingin menguasai Indonesia sebagai negara
penghasil rempah-rempah.
|
|
|
b.
|
Faktor yang melatarbelakangi
bangsa Barat menjajah Indonesia adalah ingin mengembangkan ilmu pengetahuan
dan teknologi
|
|
|
c.
|
Faktor yang melatarbelakangi
bangsa Barat menjajah Indonesia adalah ingin menyebarkan agama Islam di
Indonesia.
|
|
|
d.
|
Faktor yang melatarbelakangi
bangsa Barat menjajah Indonesia adalah ingin mengambil alih seluruh kekayaan
dan kekuatan bangsa Indonesia.
|
|
|
|||
16.
|
Perhatikan paragraf berikut!
Pada tanggal 10 November 1945 terjadilah pertempuran besar
antara rakyat Surabaya melawan pasukan Inggris. Surabaya diserang dari darat,
laut, maupun udara. Tokoh pahlawan yang terkenal dari Surabaya adalah Bung
Tomo. Dalam pertempuran 10 November 1945, Bung Tomo memberikan semangat
kepada rakyat Surabaya agar maju terus pantang mundur. Pertempuran antara
rakyat Surabaya melawan pasukan Inggris tidak seimbang. Tidak sedikit rakyat
Surabaya yang gugur dalam pertempuran itu. Untuk mengenang dan menghormati
kepahlawanan rakyat Surabaya, setiap tanggal 10 November diperingati sebagai
Hari Pahlawan.
Ringkasan isi paragraf tersebut yaitu ....
|
||
|
|||
|
a.
|
Pertempuran Surabaya dipimpin oleh
Bung Tomo.
|
|
|
b.
|
Tanggal 10 November ditetapkan
sebagai Hari Pahlawan untuk menghormati jasa pahlawan yang gugur pada pertempuran
Surabaya.
|
|
|
c.
|
Banyak pejuang Indonesia gugur
pada pertempuran di Surabaya.
|
|
|
d.
|
Pertempuran melawan Inggris di
Surabaya mengharukan karena banyak pahlawan yang gugur.
|
|
|
|||
17.
|
Perhatikan undangan berikut!
Kalimat penutup surat yang tepat untuk melengkapi undangan
tersebut adalah ....
|
||
|
|||
|
a.
|
Kami mengharapkan teman-teman
semua mengerti pentingnya acara ini.
|
|
|
b.
|
Kami mengucapkan terima kasih atas
perhatian teman-teman.
|
|
|
c.
|
Kami minta teman-teman datang dan
kami mengucapkan terima kasih.
|
|
|
d.
|
Kami mengucapkan banyak-banyak
terima kasih atas perhatian teman-teman.
|
|
|
|||
18.
|
Perhatikan surat undangan berikut!
Kata yang tepat untuk memperbaiki kata yang tercetak
miring adalah ....
|
||
|
|||
|
a.
|
buat diganti untuk
|
|
|
b.
|
buat diganti kepada
|
|
|
c.
|
buat diganti atas
|
|
|
d.
|
buat diganti teruntuk
|
|
|
|||
19.
|
Perhatikan kalimat berikut!
Atas perhatian Bapak/Ibu/Saudara, kami mengucapkan terima
kasih.
Kalimat tersebut sangat tepat digunakan untuk menulis
surat pada bagian ....
|
||
|
|||
|
a.
|
kepala surat
|
|
|
b.
|
pembuka surat
|
|
|
c.
|
isi surat
|
|
|
d.
|
penutup surat
|
|
|
|||
20.
|
Perhatikan kalimat berikut!
Mengingat acara tersebut sangat penting, kami harap
Bapak/Ibu datang tepat pada waktunya.
Penggalan surat tersebut merupakan bagian ....
|
||
|
|||
|
a.
|
salam pembuka
|
|
|
b.
|
kalimat pembuka
|
|
|
c.
|
kalimat penutup
|
|
|
d.
|
isi
|
|
|
No comments:
Post a Comment